Pilihan Ganda
1. Metode periklanan dengan menggunakan media internet dan layanannya,
misalkan dengan web WWW dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran agar
pelaggan tertarik dan membeli produk yang di tawarkan adalah ...
a. Konsep iklan online
b. Blog
c. Banner
d. Iklan online
e. Body
2. Salah satu tujuan iklan online dan offline/tradisional kecuali ...
a. Menginformasikan konsumen tentang merk merk baru
b. Mendapat laba yang besar
c. membangun kesadaran
d. membangun loyalitas konsumen
e. menjangkau pelanggan baru
3. 1) Tidak ada tanggal kadaluwarsa
2) Lead time
3) Biaya
4) Jumlah
Dari pernyataan di atas yang merupakan keuntungan iklan online ...
a. 1, 2, 4
b. 1, 2, 3
c. 3, 1, 4
d. 4, 3, 1
e. 2, 4, 3
4. Dibawah ini yang termasuk kendala-kendala iklan online kecuali ...
a. Ad Blocker
b. Cyberspace
c. Layar
d. Kecepatan koneksi
e. Pop up blocker
5. Jenis iklan ini lebih di tekankan ke penulisan alamat link iklan dan keterangan singkat dari iklan itu sendiri adalah ...
a. Iklan link
b. Iklan teks
c. Iklan baris
d. Iklan PPC
e. Iklan banner
6. Yang termasuk dari iklan teks di bawah ini adalah ...
a. Iklan hasil pencarian
b. iklan PPC
c. iklan banner
d. iklan baris
e. iklan kecik
7. Sebuah gambar atau animasi yang di tampilkan pada sebuah web untuk tujuan periklanan adalah ...
a. wallpapper advertising
b. floating advert
c. iklan banner
d. map advertising
e. pop up dan pop under
8. Yang termasuk iklan display adalah ...
a. iklan konten
b. iklan daftar lokal
c. iklan link
d. interstitial banners
e. iklan directori online
9. Iklan yang dapat berinteraksi dengan konsumen dan merupakan gabungan antara video, teks, gambar adalah ...
a. iklan media sosial
b. iklan rich media
c. iklan banner
d. iklan link
e. ikla display
10. Dibawah ini yang termasuk contoh jaringan afiliasi untuk mempromosikan dan menghasilkan inbound link ke website ...
a. www.bukalapak.com
b. www.tokopedia.com
c. www.freebielist.com
d. www.tokobagus.com
e. www.olx.com
11. Dibawah ini yang termasuk bentuk dan sistem pembayaran iklan online adalah...
a. Cost premile
b. Amazon.com
c. CMP
d. Pay per click
e. Selling PPP
12. Penyebaran, pemebilan, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, WWW, atau jaringan
komputer lainnya adalah...
a. Iklan online
b. E-Commerce
c. Afiliasi
d. Blog
e. ADS
13. Jenis relasi dalam dunia bisnis dalam perusahaan kecuali...
a. Relasi dengan pemasok
b. relasi dengan penyalur
c. Relasi dengan keluarga
d. Relasi dengan rekanan
e. Relasi dengan konsumen
14. Perhatikan pernyataan berikut!
1) Daur hidup produk
2) Situasi ekonomi
3)Penggunaan media online
4)Situasi pasar
5) Situasi lingkungan
Dari pernyataan diatas yang termasuk faktor utama yang menyebabkan
terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran E-Commerce....
a. 1, 2, 4
b. 1, 3, 5
c. 2, 4, 5
d. 3, 4, 5
e. 1, 2, 3
15. Strategi pemasaran berdasarkan media yang digunakan kecuali...
a. Search engine
b. PPC
c. Penggunaan blog
d. Promosi di media sosial
e. Adsence
16. Usaha perolehan pendapatan antara pengiklan online dengan pedagan dalam penjualan onlineadalah...
a. Afiliasi pemasaran
b. Afiliasi
c. ADS
d. E-commerce
e. Iklan online
17. Salah satu manfaat E-commerce secara umum adalah ....
a. Buka selama 24 jam
b. Menurunkan visibilitas melalui SEM
c. Bisa mendapat laba yang besar
d. Perluasan jangkauan demografis
e. Perluasan jangkauan geografis
18. Melindungi jaringan lokal dari serangan luar adalah fungsi dari...
a. Web server
b. Firewall
c. ADS
d. Blog
e. E-commerce
19. Yang termasuk karakteristik perangkat miobile dan sistem desktop adalah...
a. Ukuran yang besar
b. Konektifitas luas
c. Kuat dan dapat diandalkan
d. Masa hidup yang panjang
e. Daya proses yang tidak terbatas
20. Aplikasi akses internet atau akses internet menggunakan peralatan yang bersifat mobile berbasiskan browser adalah...
a. Mobile web
b. Sistem desktop
c. Website
d. Blog
e. Adsence
Esai
1.Bagaimana menurut anda tingkat kepercayaan masyarakat indonesia
terhadap transaksi elektronik dengan menggunakan media website?
Tingkat kepercayaan masyarakat sangat rendah karena sering terjadi
penipuan pada transaksi seperti melalui situs/iklan jejaring sosial.
namun tingkat kepercayaan pada situs perusahaan besar yang memiliki
kredibilitas yang baik cukup tinggi karena mereka percaya bila membeli
di situs tersebut barang akan dikirim walaupun terkadang sedikit
terlambat.
2. Sebutkan langkah – langkah sukses dalam membangun bisnis e – commerce?
Langkah 1: Set Strategy
Hal yang pertama kali harus dilakukan adalah menyusun suatu strategi
dengan berpegang pada suatu prinsip, yaitu bagaimana memudahkan konsumen
dalam melakukan bisnis dengan perusahaan.
Langkah 2: Focus on the End-Customer
Pada tahapan ini, adalah penting bagi perusahaan untuk mengkaji dan
mendefinisikan siapa sebenarnya konsumen lansung (end-customer) dari
produk atau jasa yang ditawarkan.
Langkah 3: Redesigning Customer-Focus Business Process
Proses perancangan ulang adalah dengan memualinya dari aktivitas
terluar, yaitu yang menghubungkan perusahaan dengan konsumennya
(customer focus business process). Dengan selalu beranggapan bahwa
“customer is a king.
Langkah 4: Wire Company for Profit
Setelah proses bisnis selesai dirancang ulang untuk menyesuaikan dengan
karakteristik bertransaksi di dunia maya, langkah selanjutnya adalah
mempersiapkan infrastruktur perusahaan untuk memungkinkan terjadinya
mekanisme bisnis yang diinginkan.
Langkah 5: Foster Customer Loyalty
Langkah yang terakhir adalah berusaha untuk membuat konsumen loyal
terhadap perusahaan e-commerce yang ada, hanya karena dengan loyalitas
mereka sajalah maka profitabilitas usaha dapat tercapai.
3. Uraikan secara singkat langkah-langkah transaksi elektronik dengan menggunakan credit card ?
Menghubungkan ke jaringan terenkripsi yang aman.
Masukkan alamat website Anda berniat untuk membeli dari alamat jendela browser Anda.
Memilih barang yang Anda ingin membelinya.
Klik tombol yang sesuai untuk membeli item yang telah Anda pilih.
Masukan informasi pengiriman Anda. Anda tidak mungkin melihat harga
akhir Anda sampai Anda melakukan ini, karena website perlu zip atau kode
pos untuk menghitung biaya pengiriman.
Masukkan informasi penagihan Anda.
Masukan informasi kartu kredit Anda Ini termasuk Nama Anda ,Nomor kartu
kredit,Kartu kredit tanggal kedaluwarsa,3 - atau 4 - digit kode keamanan
di bagian belakang kartu kredit.
Klik tombol yang sesuai untuk menyelesaikan pembelian kartu kredit.
Cetak layar konfirmasi atau bukti pembelian yang Anda terima setelah
menyelesaikan transaksi, dan menyimpan bukti pembelian sampai barang
tiba.
4. Sebutkan dan jelaskan instansi yang terlibat dalam transaksi elektronik ?
DepKomInfo (Departemen Komunikasi dan Informasi) layak ditunjuk sebagai
instansi pemerintah yang bertugas membuat regulasi tentang pemanfaatan
dunia maya khususnya informasi dan transaksi elektronik.
Agen Elektronik adalah perangkat dari suatu Sistem Elektronik yang
dibuat untuk melakukan suatu tindakan terhadap suatu Informasi
Elektronik tertentu secara otomatis yang diselenggarakan oleh Orang.
Penyelenggara Sistem Elektronik adalah setiap Orang, penyelenggara
negara, Badan Usaha, dan masyarakat yang menyediakan, mengelola,
dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik secara sendiri-sendiri maupun
bersama-sama kepada Pengguna Sistem Elektronik untuk keperluan dirinya
dan/atau keperluan pihak lain.
Instansi Pengawas dan Pengatur Sektor adalah instansi yang bertugas
mengawasi pelaksanaan tugas sektor dan mengeluarkan pengaturan terhadap
sektor tersebut misalnya sektor perbankan dan sektor perhubungan.
Informasi Elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik,
termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta,
rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik
(electronic mail), telegram, teleks, telecopy atau sejenisnya, huruf,
tanda, angka, kode akses, simbol, atau perforasi yang telah diolah yang
memiliki arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya.
Pemerintah
Bank
5. Sebutkan macam –macam moadel bisnis e – commerce dan berikan contoh masing – masing model tersebut?
Business – to – Business (B2B) merupakan model perusahaan yang menjual
barang atau jasa pada perusahaan-perusahaan lain. Model
Business-to-Business ini menawarkan penjualan atau pembelian dalam
bentuk maya tetapi oleh satu perusahaan pada perusahaan lain saja. Model
B2B ini tidak terbuka untuk banyak perusahaan agar dapat ikut.
Business – to – Consumer (B2C) merupakan model perusahaan yang menjual
barang atau jasa pada pasar atau public. Contoh dari
Business-to-Consumer yaitu http://www.amazon.com. Dimana perusahaan ini
menjual buku yang mempunyai koleksi tidak kurang dari 4,5 juta judul
buku.
Consumer-to-Consumer (C2C) adalah merupakan model perorangan yang
menjual barang atau jasa kepada perorangan juga. Contoh dari
Consumer-to-Consumer yaitu http://www.ebay.com. Dimana merupakan suatu
perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet. Melalui
perusahaan ini, perorangan dapat menjual atau membeli dari perorangan
lain melalui internet.
Consumer-to-Business (C2B) : merupakan model perorangan yang menjual
barang atau jasa kepada perusahaan. Contoh dari Consumer-to-Business
yaitu http://www.priceline.com. Dimana dalam model ini konsumen
menawarkan harga tertentu. Dimana ia menginginkan membeli berbagai
barang dan jasa, termasuk tiket pesawat terbang dan hotel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar